Monday, June 20, 2016

10 Super Komputer Tercanggih dan Tercepat Di Dunia Saat Ini

Posted By: Juvan Sandy Laoh Nayoan - 12:00:00 AM
Perkembangan teknologi memang menjadi berita yang menarik untuk terus di ikuti. Bagi anda pengguna computer tentu tidak ingin melewatkan yang namanya komputer tercanggih dan tercepat saat ini, nah di sini saya akan memberikan informasi mengenai 10 Super Komputer Tercanggih dan Tercepat di dunia saat ini.
Bagi kebanyakan orang memiliki komputer dengan spesifikasi besar dan mempunyai kecepataan yang cepat memang menjadi dambakan. Disisi lain komputer juga mendukung sebuah bisnis yang mana perusahaan besar kelas dunia juga saling bersaing untuk menjadi yang terbaik. Banyak komputer bermunculan dengan sepesifikasi dan merek yang berbeda-beda, berikut merupakan 10 super komputer tercanggih dan tercepat di dunia saat ini.

1. Sunway TaihuLight (National Supercomputing Center, China)
Sunway TaihuLight Supercomputer, China

Pada Juni 2016, sebuah berita menggemparkan dunia teknologi. Cina mengumumkan dirilisnya supercomputer terbaru yang diyakini sebagai supercomputer yang tercepat saat ini dan belum ada yang mampu menyaingi kecepatanya. Sunway TaihuLight, itulah nama dari supercomputer milik National Supercomputing Center yang berlokasi di kota Wuxi, Provinsi Jiangsu, China. Supercomputer ini diyakini memiliki kecepatan hingga 93 Petaflops, hampir 3 kali lebih cepat dari supercomputer Tianhe-2 yang juga berasal dari China yang sebelumnya sebagai pemegang rekor sebagai supercomputer tercepat didunia.
Sunway TaihuLight menggunakan 40.960 multicore prosesor 64-bit yang dirancang oleh Cina-SW26010 RISC yang didasarkan pada arsitektur Shenwei. Setiap chip processor memiliki 256 inti core dan 4 core tambahan untuk management sistem sehingga total untuk seluruh core dari semua CPU mencapai 10.649.600 core. Supercomputer ini dijalankan dengan sistem operasi buatan sendiri berbasis kernel Linux yaitu Raise OS yang sengaja dirancang untuk supercomputer Sunway TaihuLight.

2. Tianhe-2 (National University of Defense Technologi China)
Tianhe-2 Super Computer, China
Tianhe-2 supercomputer yang berlokasi di Guangzhou China, perangkat penerus dari Tianhe 1A ini merupakan komputer super yang memegang rekor ke-2 saat ini yang pada sebelumnya memegang rekor pertama sebagai supercomputer didunia dalam hal kecepatan dalam memproses data dengan performa 33,86 petaflop/s. Tianhe-2 menggunakan proessor Intel Xeon arsitektur Ivy Bridge dan Intel Xeon Phi dengan total 3,12 juta inti (core). super komputer ini menghabiskan daya 17,808 kilowatts dan secara teori mampu menyentuh kecepatan 54,9 petaflop. Sistem operasi yang digunakan adalah Ubuntu Kylin Linux yaitu sistem operasi yang dibuat oleh Canonical yang ditujukan untuk pasar China.

3. Titan (Oak Ridge National Laboratory, AS)
Titan Super Computer, AS
Super Computer tercepat ke-3 didunia, komputer ini dibuat oleh Cray,Inc di Oak Ridge National Laboratory yang digunakan untuk penelitian energi, perubahan iklim, efisiensi mesin, dan penelitian sains lainnya dan pernah tercatat sebagai komputer tercepat didunia sebelum digeser oleh Sunway TaihuLight dan Tianhe-2. Titan adalah pembaharuan dari super computer Jaguar dan memiliki kecepatan proses 17,6 petaflop, sistem ini menggunakan CPU berbasiskan AMD Cray dan GPU Nvidia dengan total 560.640 inti. Sistem operasi yang digunakan adalah Cray Linux Environtment yang dibuat khusus untuk berjalan di super computer Titan.

4. Sequoia (Lawrence Livermore National Laboratory, AS)

Sequoia Super Computer, AS
Sequoia adalah supercomputer berbasiskan Blue Gene/Q buatan IBM untuk National Nuclear Security Administration dan merupakan bagian dari program untuk mensimulasikan umur dari senjata nuklir. Sequoia pernah menjadi komputer tercepat di dunia pada Juni 2012 dengan menggantikan posisi K Computer yang pada saat itu menempati posisi pertama sebagai komputer yang tercepat didunia denga kecepatan 16,32 petaflop, 55% lebih cepat dari K Computer dengan kecepatan 10,51 petaflop serta lebih hemat energi. Namun, pada Juni 2013 rangking Sequoia turun menjadi ke-3 didunia setelah digeser oleh Tianhe-2 dan Titan. Sequoia memiliki nyaris 1,6 juta inti prosesor dan sistem operasi yang digunakan adalah CNK Operating System dan Red Hat Entenprise Linux.

5. K Computer (RIKEN Advanced Institute for Computational Science, Jepang)
K Super Computer, Japan
K Computer atau yang disebut "kei" dalam bahasa Jepang, pernah menjadi yang tercepat didunia pada tahun 2011. Komputer ini dibuat dan dikembangkan oleh Fujitsu untuk RIKEN Advanced Institute for Computational Science yang digunakan untuk memprediksi bencana dan keperluan penelitian medis. K Computer memiliki kecepatan hingga 10,5 petaflop dengan 705.024 inti Sparc. Sistem operasi yang digunakan berbasis Linux Kernel dengan tambahan driver yang didesain khusus untuk K Computer.

6. Mira (Department of Energy milik Argonne National Laboratory, AS)

Mira Supercomputer, AS
Mira adalah supercomputer berbasiskan Blue Gene/Q milik IBM yang dibuat untuk Argonne National Laboratory dengan dukungan United States Department of Energy. Komputer ini memiliki 786.432 inti processor untuk mencapai kecepatan 8,6 petaflop dan mengkonsumsi daya sebesar 8,6 MW. Sistem Operasi yang digunakan adalah CNK (Compute Node Kernel) yang memang dibuat khusus oleh IBM untuk super computer berbasis Blue Gene.

7. Trinity ( NNSA Nuclear Security Enterprise, AS)

Trinty Supercomputer, AS
Trinity adalah supercomputer buatan Cray,Inc (perusahaan pembuat supercomputer), yang pada saat itu memenangkan kontrak sebagai pembuat supercomputer untuk perusahaan keamanan nuklir di Amerika dengan nilai kontrak mencapai $174 Miliyar USD.
Trinity menggunakan processor Xeon E5-2698v3 16C 2.3GHz dengan 301,056 inti core yang memiliki kecepatan 8 Petaflops. Sistem operasi yang digunakan adalah Cray Linux Environtment yang dibuat oleh Cray untuk berjalan di supercomputer.
8. Piz Daint (Swiss National Supercomputing Center (CSCS), Switzerland)
Piz Daint Supercomputer, Switzerland
Piz Daint adalah supercomputer buatan Cray,Inc untuk Swiss National Supercomputing Center (CSCS) yang menggunakan processor Xeon E5-2670 8C 2.600GHz dengan 115,984 inti core yang dilengkapi GPU NVIDIA K20x dan memiliki kecepatan 6 Petaflops. Sistem operasi yang digunakan adalah Cray Linux Environtment.

9. Hazel Hen (HLRS - Höchstleistungsrechenzentrum Stuttgart, Germany)
Hazel Hen Supercomputer, Germany

Hezel Hen adalah supercomputer buatan Cray,Inc untuk The High Performance Computing Center (Höchstleistungsrechenzentrum) yang berlokasi di kota Stuttgart Germany untuk keperluan penelitian dan sains. Hezel Hen menggunakan processor Xeon E5-2680v3 12C 2.5GHz dengan 185,088 inti core dan memiliki kecepatan 5,6 Petaflops. Sistem operasi yang digunakan adalah Cray Linux Environtment.

10. Shaheen II (King Abdullah University of Science and Technology, Saudi Arabia)
Shaheen II Supercomputer, Saudi Arabia
Shaheen II adalah supercomputer buatan Cray,Inc untuk King Abdullah University of Science and Technology dan merupakan penerus dari Shaheen I buatan IBM berbasis Blue Gene/P. Shaheen II menggunakan processor Xeon E5-2698v3 16C 2.3GHz dengan 196,608 inti core dan memiliki kecepatan 5,5 Petaflops. Sistem operasi yang digunakan adalah Cray Linux Environtment.


Sekian postingan dari saya, maaf bila ada kesalahan penulisan dan informasi. Semoga bermanfaat :)

Sumber : Wikipedia dan TOP500

About Juvan Sandy Laoh Nayoan

Seorang Blogger , Pentester Jaringan, Cyber Security dan Aktivis Open Sources dari Kota Balikpapan yang hobi teknologi khususnya yang berhubungan dengan open source seperti GNU/Linux dan BSD dengan mempelajari ilmu IT secara otodidak.

0 komentar:

Post a Comment

Copyright © Info Technologi

Go Top Designed by