Monday, June 20, 2016

Berbagai Macam Sistem Operasi BSD dan Sejarahnya

Posted By: Juvan Sandy Laoh Nayoan - 3:57:00 AM
 
Operating System UNIX-like Berkeley Software Distribution (BSD)


Pengertian

Sistem Operasi BSD (Berkeley Software Distribution) adalah sistem operasi yang dibangun dan dikembangkan oleh Computer System Research Group (CSRG) di University of California at Berkeley (UCB). BSD awalnya dibangun pertama kali sebagai paket tambahan dan patch dari AT&T UNIX versi 6 yang beroperasi pada mesin PDP-11 minicomputer.
BSD mempunyai lisensi tersendiri yang memungkinkan setiap orang bebas melakukan pengembangan dan menggunakan kode sumber BSD.

Sejarah

Pada pertengahan tahun 70an, Ken Thompson memperkenalkan Unix ke University of California di Berkeley. Lalu pada tahun 1978, mahasiswa di Berkeley mulai membuat custom Unix release (yang menjadi cikal bakal BSD), dan pada tahun 1980 Berkeley menangani kontrak kerjasama dengan DOD (Departemen of Defense) untuk masalah penggunaan TCP/IP pada BSD, dan menghasilkan standar operating system untuk komputer-komputer di Departemen tersebut. Dengan release 4.3BSD dan Berkeley Networking Release 2 tapes (yang dikenal sebagai Net/2), Berkeley menciptakan operating system yang hampir menyamai AT&T code dan diberi nama Berkeley Software Distribution (BSD).
Pada saat itu sempat terjadi kasus yang dimana AT&T selaku pemegang lisensi untuk UNIX, mengklaim bahwa BSD telah menggunakan kode sumber dari Unix AT&T. Kasus tersebut dibawa ke pengadilan dan hasilnya Bill Jolitz selaku pihak dari Berkeley Software Dustribution memenangkan gugatan dan berwenang untuk mengambil bagian software yang bukan dari AT&T Unix. Dan setelah itu, sebagai bentuk perlawanan terhadap lisensi UNIX yang dipegang oleh AT&T, Bill Jolitz mengungumkan keinginanya untuk membuat versi BSD yang free (bebas dan gratis) untuk berjalan dimesin 386. Inilah awal lahirnya sistem operasi BSD yang modern.

Berikut ini Berbagai Macam Sistem Operasi BSD yang telah dikembangkan selama ini :

386BSD

Sistem Operasi 386BSD
386BSD atau biasa disebut Jolix adalah sitem operasi Unix-like bebas yang buat berdasarkan BSD. Pertama kali dirilis pada tahun 1992 oleh 2 orang almuni University of California di Berkeley, William Jolitz dan Lynne Jolitz yang dirancang untuk berjalan di PC kompatibel dengan berbasis Intel 80386 Microprocessor.


FreeBSD

Screenshot FreeBSD dengan desktop KDE
FreeBSD adalah sistem operasi bertipe Unix bebas yang diturunkan dari Unix AT&T lewat cabang Berkeley Software Distribution (BSD) 4.3BSD-Lite dengan perbaikan 4.4BSD-Lite2. FreeBSD dibuat berdasarkan 386BSD untuk berjalan diatas sistem arsitektur yang kompatibel dengan Intel x86 (Pentium dan Athlon), AMD64 (Opteron, Athlon64 dan EM64T), ARM, IA-64, PowerPC, PC-98, DEC Alpha, dan UltraSparc. FreeBSD merupakan turunan dari Berkeley UNIX. Akan tetapi, FreeBSD tidak bisa dipanggil sebagai Unix.

Pada tahun 1992 dan 1993, Jordan K Hubbard, Rod Grimes, dan Nate Williams yang menangani proyek 386BSD, merilis sebuah paket yang dikenal sebagai “Unofficial 386BSD Patchkit”. Dari proses maintain patchkit tersebut melahirkan mekanisme baru yang membentuk “386BSD 0.5”, yang berisi perubahan dan fungsi baru sebagai “the real operating system”. Bagaimanapun, Jolitz mencabut persetujuannya pada proyek patchkit tersebut pada tahun 1993. David Greenman kemudian mengajukan usulan sebuah operating system baru dengan basis patchkit tersebut menjadi sebuah “FreeBSD”.
Hubbard akhirnya bekerjasama dengan David Greenman (Walnut Creek) untuk mempersiapkan sebuah penanganan distribusi CDROM. Rilis CDROM pertama dari FreeBSD 1.0 dilakukan pada bulan Desember 1993. Dengan mengupgrade basis FreeBSD dari Net/2 ke 4.4BSD Lite. FreeBSD 2.0 dirilis pada bulan November 1994 dan terus berkembang sampai sekarang.

FreeBSD digunakan oleh banyak perusahaan, internet service provider, peneliti, profesional di bidang komputer, pelajar, dan pengguna rumahan di berbagai belahan dunia baik untuk keperluan pendidikan, hiburan, ataupun pekerjaan.
FreeBSD dilengkapi dengan lebih dari 20.000 paket aplikasi yang meliputi dari aplikasi server, database dan web server, aplikasi desktop, permainan, web browser, dan software bisnis. Semuanya gratis dan mudah untuk dipasang. Anda dapat memasang FreeBSD untuk komputer dekstop, firewall, Rapsberry Pi, dan server. Jika Anda ingin memasang FreeBSD di komputer desktop, Anda dapat menggunakan desktop environment seperti GNOME, KDE, LXDE, OpenBox, XFCE, Enlightenment, Fluxbox, dan lainnya. Rilis terbaru FreeBSD adalah versi 10.3 pada tanggal 16 April 2016 dan.
FreeBSD menggunakan Port sebagai management aplikasinya yang tersimpan di /usr/ports tetapi untuk penggunaan binary bisa menggunakan pkg install <nama-aplikasi>

NetBSD

Screenshot NetBSD dengan desktop XFCE
NetBSD adalah sistem operasi Unix-like sumber terbuka (open source) sama seperti FreeBSD yang dikembangkan dari Berkeley Software Distribution (BSD) yang merupakan turunan BSD sumber terbuka kedua yang dirilis secara resmi setelah 386BSD dan terus dikembangkan dengan aktif. Proyek NetBSD berfokus pada desain berkualitas tinggi, kestabilan dan kinerja sistem. Karena bersifat portable dan berlisensi BSD, NetBSD sering dijadikan embeded system.
Proyek NetBSD berawal ketika Jolitz dan yang lainya berfokus pada 386BSD, ada kelompok lain yang bekerja secara paralel dengan melakukan porting 386BSD ke Macintosh. Pengembangan ini juga dilanjutkan pada base system Atari ST, Amiga, dan PC. Dan ketika FreeBSD masih terus berkonsentrasi pada mesin-mesin Intel, NetBSD menyediakan dukungannya untuk mesin-mesin dengan platform yang lain.
Proyek NetBSD juga mengembangkan Mach-based virtual memory system, selain ada proyek lain yang cukup besar yaitu KAME. KAME bertujuan untuk memperkenalkan IPv6, IPSec untuk IPv4 dan IPv6 dan pengembangan implementasi TCP/IP pada dunia UNIX.

NetBSD merupakan sistem operasi yang bebas, aman, dan memiliki portabilitas tinggi. NetBSD sangat mendukung platform seperti 64-bit alpha server, komputer desktop, console game seperti dreamcast, perangkat genggam, dan sistem embedded. Fitur dan desainnya membuat NetBSD cocok untuk produksi dan penelitian. Aplikasi yang disediakannya sangat banyak sekali dan Anda dapat mendapatkannya dengan mudah melalui NetBSD Package Collection. Rilis terbaru dari NetBSD adalah versi 7.0.1 pada tanggal 25 Mei 2016.
NetBSD menggunakan pkgsrc sebagai management aplikasinya.


OpenBSD

Screenshot OpenBSD dengan desktop XFCE
OpenBSD adalah sistem operasi Unix-like bebas sumber terbuka yang memfokuskan pengembangan pada keamanan dan cryptography, terpisah dari proyek NetBSD pada tahun 1995 akibat perselisihan antara Theo de Raadt dengan NetBSD core team lainnya untuk masalah pengembangan NetBSD yang membuat Theo hengkang dan mendirikan proyek baru yang bernama OpenBSD.

OpenBSD lebih memfokuskan pada tujuan memproduksi sebuah operating system yang secure. Pada awal 1996, OpenBSD team membuat analisa baris-per-baris untuk setiap source code yang disertakan untuk menghindari adanya potensi bugs dan security hole. Dengan tujuan menemukan bugs sebelum orang lain menemukannya, membuat OpenBSD semakin matang dengan konsep “secure by default”-nya.
OpenBSD juga mengembangkan porting ke banyak mesin, hal ini sepertinya terinfluence dengan pengembangan NetBSD mengingat OpenBSD juga lahir dari NetBSD, telah banyak mesin-mesin Motorola 86k, VAX, dan Intel yang berhasil diinstall OpenBSD sebagai operating systemnya.
Dengan rilisan pertama versi 1.1 pada 18 Oktober 1995, OpenBSD saat ini setidaknya telah mendukung lebih dari 10 platforms, dengan beberapa proses pengembangan lebih terstruktur. Tim OpenBSD juga telah menghasilkan sebuah applikasi OpenSSH , sebuah implementasi untuk memenuhi kebutuhan Secure Shell untuk pekerjaan secara remote.
Rilis terbaru dari OpenBSD adalah versi 5.9 pada tanggal 29 Maret 2016.

DragonflyBSD

Screenshot DragonflyBSD dengan desktop XFCE
DragonflyBSD adalah sistem operasi Unix-like bebas sumber terbuka (open source) yang dibuat sebagai penerus dari FreeBSD 4.8 oleh Matthew Dillon, seorang developer Amiga diakhir tahun 1980an dan diawal 1990an dan juga seorang developer diproyek FreeBSD dari tahun 1994 hingga tahun 2003. Dillon memulai proyek DragonflyBSD pada bulan Juli 2003 dengan mengumumkanya di FreeBSD mailing list pada 16 Juli 2003.
Matthew Dillon memulai proyek DragonFly dengan keyakinan bahwa metode dan teknik yang diadopsi untuk threading dan multiprocessing simetris di FreeBSD 5 akan menyebabkan kinerja sistem yang buruk dan menyebabkan kesulitan pemeliharaan. Dia berusaha menerapkan ide-idenya untuk memperbaiki masalah ini didalam FreeBSD sehingga menimbulkan konflik dengan pengembang FreeBSD lain dan otoritas untuk mengubah basis kode FreeBSD yang dimilikinya akhirnya dicabut. Meskipun demikian, Dragonfly BSD dan FreeBSD proyek masih bekerja sama memberikan kontribusi perbaikan bug, update driver, dan perbaikan sistem untuk satu sama lain.

DragonflyBSD adalah sistem operasi BSD yang mengadopsi kernel Hybrid yaitu dengan menggabungkan fitur dari kernel monolitik dan microkernel, berbeda dengan sistem operasi BSD lain yang masih mengadopsi kernel Monolitik. Dimaksudkan untuk menjadi kelanjutan logis dari 4.x seri FreeBSD, pengembangan DragonflyBSD telah menyimpang secara signifikan dari FreeBSD, termasuk implementasi baru Light Weight Kernel Threads (LWKT), sistem port/messaging yang ringan, dan fitur sistem file HAMMER. Banyak konsep yang digunakan DragonFlyBSD terinspirasi dari sistem operasi AmigaOS.
Rilis terbaru dari DragonflyBSD adalah versi 4.4.1 pada tanggal 7 Desember 2015


PC-BSD

 
Screenshot PC-BSD dengan desktop KDE

PC-BSD atau PCBSD adalah sistem operasi Unix-like bebas dan open source berbasis BSD yang diturunkan dari FreeBSD dengan tujuan untuk menjadi sistem operasi komputer desktop yang mudah dipasang dan digunakan. Untuk memenuhi kebutuhan itu, PC-BSD menyediakan proses instalasi secara grafis untuk memudahkan para pemula yang baru belajar sistem operasi UNIX.

PC-BSD dibuat oleh seorang profesional dari FreeBSD, Kris Moore pada awal tahun 2005 yang menginginkan agar sistem operasi FreeBSD mudah bagi semua orang untuk digunakan sebagai desktop. Kemudian pada 10 Oktober 2006, PC-BSD mendapatkan dukungan dari perusahaan penyedia hardware iXsystems dan memperkerjakan Moore sebagai kepala pengembang yang memimpin proyek.

PC-BSD menyediakan dukungan desktop KDE, LXDE, XFCE dan Mate sebagai lingkungan desktop serta dukungan driver nvidia dan intel secara resmi untuk akselerasi hardware dan antarmuka 3D. PC-BSD juga menyediakan Wine (emulator program windows) secara default didalam setiap instalanya untuk menjalankan perangkat lunak Microsoft Windows dan Linux Emulation yang memungkinkan kita untuk menjalankan software linux. PC-BSD mempunyai sistem manajemen paket sendiri yang memungkinkan pengguna untuk menginstal aplikasi secara grafis serta dukungan ZFS installer yang menawarkan enkripsi disk dengan geli sehingga sistem akan membutuhkan password sebelum booting dan memberikan kesan aman kepada penggunanya.


GhostBSD

Screenshot GhostBSD dengan desktop MATE
GhostBSD adalah sistem operasi Unix-like bebas dan open source berbasis BSD yang diturunkan dari FreeBSD dengan Mate sebagai default desktop (sebelumnya menggunakan gnome). GhostBSD dibuat dan dikembangkan oleh Eric Turgeon dan GhostBSD Team dengan tujuan untuk menggabungkan keamanan, privasi, stabilitas, kegunaan, keterbukaan, kebebasan dan bebas biaya.
GhostBSD dirancang user-frendly dan mudah dalam penginstalanya sehingga pengguna pemulapun dapat lebih mudah mempelajarinya dan terlebih lagi GhostBSD mempunyai software center untuk mempermudah pengguna dalam mencari aplikasi.
Rilis terbaru dari GhostBSD adalah versi 10.3-ALPHA2 pada tanggal 25 Mei 2016 yang selalu mengikuti updatean terbaru dari FreeBSD.


FreeNAS BSD

Screenshot FreeNAS
FreeNAS BSD adalah sistem operasi Unix-like turunan FreeBSD pada sistem berkas OpenZFS yang ditujukan untuk penggunaan Network Attach Storage (NAS) atau sebagai management penyimpanan dijaringan. FreeNAS mendukung client Windows, OS X, Unix dan berbagai virtualisasi host seperti XenServer dan VMware menggunakan SMB, AFP, NFS, iSCSI, SSH, rsync dan FTP protokol / TFTP. FreeNAS memiliki fitur canggih termasuk kriptografi full-disk dan arsitektur plug-in untuk software pihak ketiga.
Proyek FreeNAS dimulai pada bulan Oktober 2005 Olivier Cochard-Labbe yang berdasarkan pada firewall m0n0wall yang tertanam dan FreeBSD 6.0
FreeNAS memiliki tampilan grafis yang dapat diakses melalui browser, tablet dan smartphone serta mendukung fitur update secara manual dan otomatis.
Rilis terbaru FreeNAS adalah versi 9.10 pada tanggal 22 Maret 2016.

Sekian postingan dari saya, maaf bila ada salah pengetikan dan informasi.
Semoga Bermanfaat :)

Sumber : Wikipedia, Google Images


About Juvan Sandy Laoh Nayoan

Seorang Blogger , Pentester Jaringan, Cyber Security dan Aktivis Open Sources dari Kota Balikpapan yang hobi teknologi khususnya yang berhubungan dengan open source seperti GNU/Linux dan BSD dengan mempelajari ilmu IT secara otodidak.

0 komentar:

Post a Comment

Copyright © Info Technologi

Go Top Designed by