Friday, April 18, 2014

Sistem Operasi Yang Banyak Diminati Selain Windows OS

Posted By: Unknown - 1:44:00 AM

Sekarang ini perkembangan teknologi semakin berkembang pesat dan banyak bermunculan sistem operasi komputer selain Windows OS yang banyak diminati oleh masyarakat karena selain penggunaanya yang makin mudah dan juga banyak fitur-fitur yang mempunyai kelebihan masing-masing yang dimiliki tiap sistem operasi tersebut.
Tanpa panjang lebar saya jelaskan, berikut ini adalah sistem operasi komputer yang banyak digunakan bahkan diminati oleh sebagian besar masyarakat dunia :

1. Macintosh OS (Apple Inc.)


Ini adalah salah satu sistem operasi komputer turunan Unix yang paling populer saat ini karena tampilanya yang sangat elegan wlaupun para pengguna yang terbiasa menggunakan windows agak kebingungan saat menggunakanya karena tampilan user interface yang terbilang baru. Sistem operasi ini memiliki tampilan yang sangat elegan dan memiliki fitur-fitur yang sangat menarik walaupun harga yang ditawarkan untuk memilikinya terbilang cukup mahal karena sistem operasi ini hanya berjalan diatas perangkat hardware buatan Apple Inc.dan salah satu sistem operasi yang memiliki tingkat keamanan yang tinggi sehingga kebal terhadap serangan virus dan malware.

2. Linux Ubuntu




Ini adalah salah satu sistem operasi  keturunan dari Linux Debian (salah satu pelopor OS Linux) yang banyak diminati oleh masyarakat untuk menikmati sensasi sistem operasi diluar Windows OS yang Open Source dalam artian sistem operasi ini bebas untuk dimodifikasi dan diperbanyak tanpa harus terkena sanksi hak cipta. Sistem operasi ini dikembangkan oleh Canonical Ltd. dan didukung oleh komunitas yang tersebar hampir diseluruh dunia. Sistem operasi ini tahan terhadap serangan virus karena sebagian besar virus hanya berjalan diatas sistem operasi Windows saja dan memiliki tampilan yang mudah untuk dipelajari dan dapat diubah-ubah sesuai keinginan pemiliknya. Ubuntu tebilang mudah untuk di gunakan karena adanya aplikasi Software Center yang fungsinya untuk memudahkan pengguna untuk mencari software yang diinginkan. Walaupun sofware tersebut namanya tidak sama dengan software di windows tetapi fitur-fitur dan tampilan yang dimiliki hampir sama persis dengan software yang ada di windows. Contoh :
- Untuk program office di Windows ada Microsoft Office sedangkan untuk di Linux ada OpenOffice/LibrreOffice.
- Untuk program Burning CD/DVD di Windows ada Nero sedangkan di Linux ada Brasero.
-Untuk program design gambar di Windows ada CorelDraw dan Photoshop sedangkan di Linux ada InkScape dan GIMP.
-Untuk program design 3D di Windows ada AutoCAD sedangkan di Linux ada Blender.

Semua software tersebut memiliki persamaan yang sama persis bahkan untuk size software sendiri Linux lebih unggul karena bahasa pemrograman yang digunakan oleh Linux tidak terlalu ribet sehingga performa yang di dapatkan sangat maksimal. Jarang sekali kita mendengar Sistem operasi Linux yang hang tiba-tiba dan harus merestart ulang pc kita.

3. Linux Backtrack



Ini adalah salah satu sistem operasi Linux yang hampir sama seperti Linux Ubuntu untuk cara penggunaanya karena sama-sama keturunan dari Linux Debian, Bedanya Linux Backtrack ini banyak digunakan oleh para Hacker dan penguji keamanan untuk melakukan Sniffing, Deface dan Penetration terhadap sistem keamanan yang rentan terhadap serangan malware dan spyware. Linux Backtrack  memiliki puluhan aplikasi yang digunakan untuk mempermudah dalam melakukan pengujian keamanan dan aktifitas hack sehingga jangan salah kalau Linux Backtrack ini sangat populer di kalangan para hacker. Sayangnya sistem operasi ini kebanyakan aplikasinya di jalankan melalui perintah terminal/comand line jadi disarankan hanya pengguna tingkat lanjut yang menggunakan sistem operasi ini.

3. Solaris OS



Ini adalah salah satu sistem operasi keturunan Unix yang dikembangkan oleh Sun Microsystem yang banyak digunakan oleh masyarakat karena sistem operasi ini sangat ringan dan memiliki keamanan yang cukup tinggi untuk untuk dijadikan sebagai sistem operasi server.

4. FreeBSD OS



Ini adalah salah satu Sistem Operasi bertipe UNIX bebas yang diturunkan dari UNIX AT&T. FreeBSD berjalan di atas sistem intel x86. FreeBSD sendiri kali pertama muncul pada tahun 1993 oleh David Greenman. Tujuan dari FreeBSD adalah menyediakan software yang dapat digunakan untuk berbagai kepentingan termasuk untuk kepentingan server karena sistem operasi ini terbilang cukup aman digunakan. FreeBSD sendiri dikembangkan dari 386BSD sebuah proyek pengembangan BSD OS yang berjalan di atas Chip.

Sekian Info Teknologi dari saya maaf kalau susunan katanya agak berantakan karena saya masih baru untuk bergelut di dunia blog ini :D semoga artikel ini bermanfaat :)

About Unknown

Seorang Blogger , Pentester Jaringan, Cyber Security dan Aktivis Open Sources dari Kota Balikpapan yang hobi teknologi khususnya yang berhubungan dengan open source seperti GNU/Linux dan BSD dengan mempelajari ilmu IT secara otodidak.

0 komentar:

Post a Comment

Copyright © Info Technologi

Go Top Designed by